MAKALAH
TEMA
AL-QUR’AN SEBAGAI SUMBER HUKUM PERTAMA
Universitas islam negeri (UIN) sunan kalijaga yogyakarta
Jln.marsda Adisucipto-yogyakarta 55281
Di Susun Oleh :
·
Samsul muarif
·
Adiman
·
Ahmad arifudin
·
Agam
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang
telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada penulis sehingga penulis dapat
menyelesaikan makalah yang berjudul “ Al-qur’an sebagai sumber hukum pertama “ tepat pada waktunya. Makalah ini merupakan
tugas mata Pelajaran al-qur’an/hadist. Makalah ini
merupakan inovasi pembelajaran untuk mampu memahami materi secara mendalam
tentang al-qur’an. Semoga makalah ini dapat berguna
untuk mahasiswa dan mahasiswi PMH.
Penulis menyadari bahwa penyusunan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena
itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang dapat membangun dari para
pembaca untuk perbaikan masa mendatang. Besar harapan penulis, semoga makalah
ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi pembaca pada umumnya.
13 September 2014
Penyusun
Samsul muarif
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR................................................... I
DAfTAR
ISI........................................................... II
BAB I Pendahuluan..............................................................................................
A.
Latar belakang..................................................................................
B.
Rumusan
masalah..............................................................................
C.
Tujuan masalah.................................................................................
BAB II PEMBAHASAN..................................................................................... 2
A.
Kedudukan al-qur’an ........................................................................... 2
B.
proses turunya al-qur’an ............................................................... 4
C. Sejarah perkembangan al-qur’an ..............................................................4
D. Penghimpunan al-qur’an dan penulisanya ..............................4
E. bagian-bagian
al-qur’an 4
BAB III.....................................................................................................
A. Kesimpulan
...................................................................................................21
B.
Saran.................................................................................................
DAFTAR
PUSTAKA................................................................................................21
II
|
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR
BELAKANG
Al-Qur’an adalah kitab suci kaum muslim
dan menjadi sumber ajaran islam yang pertama dan utama yang harus mereka imani
dan aplikasikan dalam kehidupan mereka agar mereka memperoleh kebaikan di dunia
dan di akhirat.
Karena itu ,tidaklah berlebihan jika
selama ini kaum muslim tidak hanya mempelajari isi dan pesan-pesannya tetapi
juga telah berupaya semaksimal mukmin untuk menjaga keautentitasannya. Upaya
itu telah mereka laksanakan sejak nabi muhammad Saw dari mekah dan belum
berhijrah ke madinah hingga saat ini. Dengan kata lain upaya tersebut telah
mereka laksanakan sejak Al-Qur’an diturunkan hingga saat ini.
Meskipun
demikian terdapat dua penilaian yang kontradiktif yang telah diberikan terhadat
keilahian dan autentisitas Al-Qur’an tersebut. Penilaian yang pertama datang
dari luar, yaitu dari kalangan non muslim, khususnya kaum orientalis. Penilaian
yang kedua datang dari dalam , yaitu dari kalangan muslim.
Penilaian
dari luar pada umumnya bersifat negatif. Menurut penilain mereka , Al-Qur’an
itu bukanlah wahyu Allah, melainkan hasil karya muhamad yang sumbernya berasal
dari berbagai pihak.di antaranya ada yang di peroleh olehnya dari orang-orang
yahudi dan nasrani.orang yang termasuk generasi pertama yang telah mengunakan
pengaru yahudi terhadap al-qur’an adalah abraham geger (m.1874), seorang rabbi
sekaligus pendiri dan pemimpin gerakan repormasi yahudi di jerman dalam
tulisanya yang berjudul was hat mohamed aus dem juden tehume aus genommen ( apa
saja yang telah di pinjam muhamad dari yahudi).
B.
Rumusan Masalah
Apa yang di maksud
dengan al-qur’an .?
Apa latar belakang
pengumpulan al-qur’an pada masa abu bakar ra .?
bagaimana gambaran
surga dalam al-qur’an . ?
C.
Tujuan Masalah
. Untuk mengetahui tentang al-qur’an
Agar mengetahui
latar belakang pengumpulan al-qur’an .
1
|
BAB II
PEMBAHASAN
·
PENGERTIAN
Mollusca berasal dari
bahasa latin yaitu molluscus yang artinya lunak. Jadi Filum Mollusca
adalah kelompok hewan invretebrata yang memiliki tubuh lunak. Tubuh lunaknya
itu dilindungi oleh cangkang, meskipun ada juga yang tidak bercangkang.
Mollusca yang sudah tidak asing lagi bagi kita adalah siput. Siput merupakan
salah satu Mollusca yang teramsuk ke dalam kelas gastropoda. yaitu berjalan
dengan menggunakan perutnya.
Mollusca itu hewan apa?, Bagaimana
ciri-ciri Mollusca?, Bagaimana struktur tubuh Mollusca dan fungsinya?,
bagaimana reproduksi dan klasifikasi dari Mollusca? dan apa peranan dari Annelida
ini? mari kita jawab semua pertanyaan di atas.
Ciri-ciri Mollusca:
- Merupakan hewan multiselular yang tidak mempunyai tulang belakang.
- Habitatnya di ait maupun darat
- Merupakan hewan triploblastik selomata.
- Struktur tubuhnya simetri bilateral.
- Tubuh terdiri dari kaki, massa viseral, dan mantel.
- Memiliki sistem syaraf berupa cincin syaraf
- Organ ekskresi berupa nefridia
- Memiliki radula (lidah bergigi)
- Hidup secara heterotrof
-
2
·
Ciri
tubuh Mollusca
Molusca terdiri dari tiga bagian utama
yaitu:
1.
Kaki
Kaki merupakan perpanjangan/penjuluran dari bagian Ventral tubuh yang berotot. Kaki berfungsi untuk bergerak. Pada sebagian mollusca kaki telah termodifikasi menjadi tentakel yang berfungsi untuk menangkap mangsa.
Kaki merupakan perpanjangan/penjuluran dari bagian Ventral tubuh yang berotot. Kaki berfungsi untuk bergerak. Pada sebagian mollusca kaki telah termodifikasi menjadi tentakel yang berfungsi untuk menangkap mangsa.
2.
Massa Viseral
Massa viseral adalah bagian tubuh yang
lunak dari mollusca. Di dalam massa viseral terdapat organ-organ seperti organ
pencernaan, ekskresi, dan reproduksi. Massa viseral dilindungi oleh mantel
3.
Mantel
Mantel adalah jaringan tebal yang melindungi massa viseral. Mantel membentuk suatu rongga yang disebut rongga mantel. Di dalam rongga mantel berisi cairan. Cairan tersebut adalah tempat lubang insang, lubang ekskresi dan anus.
Mantel adalah jaringan tebal yang melindungi massa viseral. Mantel membentuk suatu rongga yang disebut rongga mantel. Di dalam rongga mantel berisi cairan. Cairan tersebut adalah tempat lubang insang, lubang ekskresi dan anus.
Strukur dan fungsi tubuh
3
|
B.
Sitem syaraf
Mollusca terdiri dari
cincin syaraf. Sistem syaraf ini mengelilingi esofagus dengan serabut saraf
yang menyebar. Sistem pencernaan mollusca sudah terbilang lengkap terdiri dari
mulut, esofagus, lambung, usus, dan anus. Mollusca juga memiliki lidah
bergerigi yang berfungsi untuk melumatkan makanan. Lidah bergerigi itu disebut
radula. Mollusca yang hidup di air bernafas dengan insang yang berada pada
rongga mantel.
C.
Cara hidup Mollusca
Mollusca hidup secara
heterotrof dengan memakan organisme lain. Misalnya ganggan, ikan, ataupun
mollusca lainnya.
D.
Habitat Mollusca
Mollusca hidup di air
maupun di darat. Mollusca yang hidup di air contohnya sotong dan gurita.
Sedangkan yang hidup di darat contohnya Siput.
E.
Reproduksi Mollusca
Mollusca bereproduksi
secara seksual. pada umumnya organ reproduksi jantan dan betina pada umumnya
terpisah pada individu lain (gonokoris). Namun, meski begitu jenis siput
tertentu ada yang bersifat Hermafrodit. Fertilisasi dilakukan secara internal
ataupun eksternal sehingga menghasilkan telur. Telur tersebut berkembang
menjadi larva dan pada akhirnya akan menjadi mollusca dewasa.
4
|
F.
Klasifikasi Mollusca
Mollusca dibagi menjadi 5 kelas, yaitu:
A. Kelas Gastropoda
|
|||
Jika Anda pergi ke pasar, jangan
heran apabila dijumpai banyak penjual siput dan bekicot. Karena ternyata
jenis hewan ini sangat digemari masyarakat dan bergizi tinggi. Nah, bagaimana
dengan Anda, pernahkan makan siput (Lymnea) dan bekicot (Achatina)?
Kedua hewan ini adalah jenis hewan kelas Gastropoda. Jenis hewan ini
juga ada yang hidup di laut, air tawar dan banyak pula yang hidup di darat. Gastropoda
merupakan kelas Mollusca yang terbesar dan populer. Ada sekitar 50.000
jenis/spesies Gastropoda yang masih hidup dan 15.000 jenis yang telah
menjadi fosil. Karena banyaknya jenis Gastropoda, maka hewan ini mudah
ditemukan.
Coba Anda perhatikan gambar di atas.
Di kepala siput terdapat sepasang tentakel panjang dan sepasang tentakel
pendek. Pada tentakel panjang, terdapat mata. Mata ini hanya berfungsi untuk
membedakan gelap dan terang. Sedangkan pada tentakel pendek berfungsi sebagai
indera peraba dan pembau. Sistem pencernaan dimulai dari mulut yang
dilengkapi dengan rahang dari zat tanduk. Di dalam mulut terdapat lidah parut
atau radula dengan gigi-gigi kecil dari kitin. Selanjutnya terdapat
kerongkongan, kemudian lambung yang bulat, usus halus dan berakhir di anus. Gastropoda
umumnya pemakan tumbuh-tumbuhan atau disebut hewan herbivora.
Pernafasan bagi Gastropoda
yang hidup di darat menggunakan paru-paru, sedangkan Gastropoda yang
hidup di air, bernafas dengan insang.
Sistem saraf terdiri atas tiga buah ganglion utama yakni ganglion otak (ganglion cerebral), ganglion visceral atau ganglion organ-organ dalam dan ganglion kaki (pedal). Ketiga ganglion utama ini dihubungkan oleh tali saraf longitudinal, sedangkan tali saraf longitudinal ini dihubungkan oleh saraf transversal ke seluruh bagian tubuh. Di dalam ganglion pedal terdapat statosit (statocyst) yang berfungsi sebagai alat keseimbangan. Gastropoda mempunyai alat reproduksi jantan dan betina yang bergabung atau disebut juga ovotestes. Gastropoda adalah hewan hemafrodit, tetapi tidak mampu melakukan autofertilisasi. Beberapa contoh Gastropoda adalah bekicot (Achatina fulica), siput air tawar (Lemnaea javanica), siput laut (Fissurella sp), dan siput perantara fasciolosis (Lemnaea trunculata).
Nah, sekarang coba Anda cari seekor
siput yang masih hidup di sekitar tempat tinggalmu. Biarkan kaki, perut dan
kepalanya keluar dari cangkoknya. Perhatikan bagian-bagian tubuhnya.
Bagaimana ia bergerak, bernafas atau saat memakan mangsanya. Selanjutnya coba
Anda sentuh, apa yang terjadi? Diskusikan dengan teman.
|
B. Kelas Chepalopoda
|
||
Sekarang kita lanjutkan pada kelas
Cephalopoda. Tubuh Cephalopoda dilindungi oleh cangkok, kecuali Nautillus.
Mengapa cumi-cumi (Loligo), sotong (Sepia) dan gurita (Octopus)
disebut jenis Cephalopoda? Cephalopoda (cephale :
kepala, podos : kaki) adalah Mollusca yang berkaki di kepala.
Cumi-cumi dan sotong memiliki 10 tentakel yang terdiri dari 2 tentakel
panjang dan 8 tentakel lebih pendek.
|
||
|
||
|
C. Kelas Bivalvia atau Pelecypoda
|
||||||||||
Pernahkah anda makan kerang atau
remis? Kerang yang hidup di laut dan remis yang hidup di air tawar adalah
contoh kelas Bivalvia. Hewan Bivalvia bisa hidup di air tawar,
dasar laut, danau, kolam, atau sungai yang lainnya banyak mengandung zat
kapur. Zat kapur ini digunakan untuk membuat cangkoknya.
Gambar 28. Struktur luar kerang air tawar
Hewan ini memiliki dua kutub (bi
= dua, valve = kutub) yang dihubungkan oleh semacam engsel, sehingga
disebut Bivalvia. Kelas ini mempunyai dua cangkok yang dapat membuka dan
menutup dengan menggunakan otot aduktor dalam tubuhnya. Cangkok ini berfungsi
untuk melindungi tubuh. Cangkok di bagian dorsal tebal dan di bagian ventral
tipis. Kepalanya tidak nampak dan kakinya berotot. Fungsi kaki untuk merayap
dan menggali lumpur atau pasir.
Cangkok ini terdiri dari tiga
lapisan, yaitu :
Untuk lebih memahami kelas Bivalvia
atau Pelecypoda, di bawah ini adalah gambar bagian-bagian tubuh kerang
yang dipotong secara melintang. Perhatikan gambar penampang melintang cangkok
dan mantel berikut ini!.
Gambar.
(A) Penampang melintang tubuh
Pelecypoda; (B) Penampang melintang cangkok dan mantel.
Sistem pencernaan dimulai dari mulut,
kerongkongan, lambung, usus dan akhirnya bermuara pada anus. Anus ini
terdapat di saluran yang sama dengan saluran untuk keluarnya air. Sedangkan
makanan golongan hewan kerang ini adalah hewan-hewan kecil yang terdapat
dalam perairan berupa protozoa diatom, dll. Makanan ini dicerna di
lambung dengan bantuan getah pencernaan dan hati. Sisa-sisa makanan
dikeluarkan melalui anus. Perhatikan baik-baik, struktur dalam kerang air
tawar pada gambar berikut!
Gambar. Struktur dalam kerang air tawar
Gambar. Diagram daur hidup kerang air tawar
Pelecypoda memiliki dua buah cangkang pipih yang setangkup sehingga disebut juga Bivalvia.Kedua cangkang pada bagian tengah dorsal dihubungkan oleh jaringan ikat (ligamen) yang berfungsi seperti engsel untuk membuka dan menutup cangkang dengan cara mengencangkan dan mengendurkan otot.Cangkang tersusun dari lapisan periostrakum, prismatik, dan nakreas.Pada tiram mutiara, jika di antara mantel dan cangkangnya masuk benda asing seperti pasir, lama-kelamaan akan terbentuk mutiara.Mutiara terbentuk karena benda asing tersebut terbungkus oleh hasil sekresi palisan cangkang nakreas.Pelecypoda tidak memiliki kepala.Mulutnya terdapat pada rongga mantel, dilengkapi dengan labial palpus. Pelecypoda tidak memiliki rahang atau radula.Maka makanannya berupa hewan kecil seperti protozoa, diatom, dan sejenis lainnya.Insang Pelecypoda berbentuk lembaran sehingga hewan ini disebut juga Lamellibranchiata (dalam bahasa latin, lamella = lembaran, branchia = insang).Lembaran insang dalam rongga mantel menyaring makanan dari air yang masuk kedalam rongga mantel melalui sifon (corong).Sistem saraf Pelecypoda terdiri dari tiga pasang ganglion yang saling berhubungan.Tiga ganglion tersebut adalah ganglion anterior, ganglion pedal, dan ganglion posterior.Reproduksi Pelecypoda terjadi secara seksual.Organ seksual terpisah pada masing-masing individu.Fertilisasi terjadi secara internal maupun eksternal.Pembuahan menghasilkan zigot yang kemudian akan menjadi larva. |
14
|
D. Kelas Amphineura
|
|
Hewan Mollusca kelas Amphineura ini
hidup di laut dekat pantai atau di pantai. Tubuhnya bilateral simetri, dengan
kaki di bagian perut (ventral) memanjang. Ruang mantel dengan permukaan
dorsal, tertutup oleh 8 papan berkapur, sedangkan permukaan lateral
mengandung insang.
Gambar. Kiton
Hewan ini bersifat hermafrodit
(berkelamin dua), fertilisasi eksternal (pertemuan sel teur dan sperma
terjadi di luar tubuh). Contohnya Cryptochiton sp atau kiton. Hewan ini juga
mempunyai fase larva trokoper.
Saat ini sudah dibedakan menjadi 3 kelas, yaitu:
1) Aplacophora (tidak bercangkang)
2) Monoplacophora (bercangkang tunggal/satu sisi)
3) Polyplacophora.
|
|
E. Kelas Scaphopoda
|
|
Dentalium vulgare adalah salah satu
contoh kelas Scaphopoda. Jika Anda berjalan-jalan di pantai, hati-hati dengan
cangkang jenis Scaphopoda ini. Karena biasanya hewan ini tumbuh di batu atau
benda laut lainnya yang berbaris menyerupai taring. Coba Anda amati gambar
hewan berikut ini!
Dentalium vulgare hidup di laut dalam
pasir atau lumpur. Hewan ini juga memiliki cangkok yang berbentuk silinder
yang kedua ujungnya terbuka. Panjang tubuhnya sekitar 2,5 s.d 5 cm. Dekat
mulut terdapat tentakel kontraktif bersilia, yaitu alat peraba. Fungsinya
untuk menangkap mikroflora dan mikrofauna. Sirkulasi air untuk pernafasan
digerakkan oleh gerakan kaki dan silia, sementara itu pertukaran gas terjadi
di mantel. Hewan ini mempunyai kelamin terpisah.
Gambar. (a) Dentalium vulgare, (b) Struktur tubuh Dentalium sp.
·
Hewan ini hidupnya ada di dasar perairan atau terpendam
dalam pasir atau lumpur. Contoh spesiesnya adalah Dentalium vulgare.
Cangkang hewan ini mirip dengan bentuk gading namun
memiliki ujung yang terbuka.
|
G.
Peranan Mollusca bagi kehidupan manusia
Beberapa mollusca sangat berperan dan
menimbulkan dampak yang menguntungkan ataupun bersifat merugikan bagi kehidupan
manusia.
Mollusca Yang menguntungkan
1. Cumi-cumi, siput, tiram, kerang dan
sotong merupakan sumber protein hewani yang cukup tinggi selain enak rasanya
2. Cangkang dari berbagai mollusca
dijadikan bahan industry dan hiasan karen banyak yang berwarna sangat indah.
3. Mutiara yaitu permata yang
dihasilkan sejenis kerang dan merupakan komoditas ekspor non migas yang cukup
penting terutama bagi Negara kita.
Mollusca yang merugikan
1. Teredo navalis, merusak
kerang-kerang piaran dan bangunan kapal
2. Lymnea javanica sebagai inang
perantara berbagai cacing fasciola hepatica
17
|
Selain sebagai bahan
makanan yang bergizi, cangkok hewan ini bisa dimanfaatkan untuk membuat hiasan
dinding, perhiasan wanita, atau dibuat kancing. Ada pula yang suka mengumpulkan
berbagai macam cangkang Mollusca untuk koleksi atau perhiasan. Bahkan
ada cangkang Mollusca yang digunakan untuk bahan mainan, seperti kuwuk.
Sejak abad ke-17
mutiara merupakan barang perhiasan mewah yang diburu kaum jutawan dan harganya
cukup mahal. Pernahkah Anda berpikir, darimana mutiara itu dihasilkan? Mutiara
dihasilkan dari tiram mutiara seperti Pinctada margaritifera dan Pinctada
mertensi dari kelas Pelecypoda (Bivalvia).
Mutiara ini ada yang
dihasilkan secara alami, dan adapula yang dibudidayakan. Saat ini banyak orang
yang membudidayakan tiram untuk menghasilkan mutiara. Caranya, benda asing
(kerikil, pasir atau arang) dimasukkan diantara mantel dan cangkok tiram.
Ketika benda asing itu ada di tubuhnya, tiram berusaha mengeluarkan dengan cara
membungkusnya dengan lendir. Lendir ini akhirnya mengeras dan menjadi mutiara.
Mudah bukan? Jika Anda tertarik untuk membudidayakan mutiara, Anda dapat
mempelajari dari buku-buku yang khusus membahas budidaya ini. Silahkan Anda
mempelajari dan mencobanya.
18
|
Gambar . Perhiasan yang dibuat dari mutiara
Di samping
menguntungkan, ternyata ada beberapa jenis Mollusca yang merugikan.
Misalnya keong mas adalah musuh para petani yang sering merusak tanaman padi.
Begitu pula bekicot Achatina fulica merupakan hama tanaman yang sulit
diberantas. Sekarang coba diskusikan dengan temanmu, bagaimana agar jenis Mollusca
yang merugikan ini bisa bermanfaat bagi manusia?
Bagaimana, sudah
paham? Jika masih belum, pelajari kembali terutama bagian yang dianggap sulit.
Jangan lupa buat rangkuman isi materi. Kalau sudah paham, coba Anda kerjakan
uji kompetensi 2 berikut ini! Anda juga boleh mengerjakan latihan sambil
berdiskusi dengan teman dekatmu
Umumnya mollusca menguntungkan bagi
manusia, namun ada pula yang merugikan.Peran mollusca yang menguntungkan adalah
sebagai berikut :
-Sumber makanan berprotein tinggi, misalnya
tiram batu (Aemaea sp.), kerang (Anadara sp.), kerang hijau (Mytilus viridis),
Tridacna sp., sotong (Sepia sp.) cumi-cumi (Loligo sp.), remis (Corbicula
javanica), dan bekicot (Achatina fulica).
-Perhiasan, misalnya tiram mutiara
(Pinctada margaritifera).
-Hiasan dan kancing, misalnya dari
cangkang tiram batu, Nautilus, dan tiram mutiara.
-Bahan baku teraso, misalnya cangkang
Tridacna sp. Mollusca yang merugikan bagi manusia, misalnya bekicot dan keong
sawah yang merupakan hama dari tanaman.
Siput air adalah perantara cacing Fasciola hepatic.
Siput air adalah perantara cacing Fasciola hepatic.
19
|
BAB
III
PENUTUP
Mollusca berasal dari bahasa latin
yaitu molluscus yang artinya lunak. Jadi Filum Mollusca
adalah kelompok hewan invretebrata yang memiliki tubuh lunak.
Ciri-ciri Mollusca:
- Merupakan hewan multiselular yang tidak mempunyai tulang belakang.
- Habitatnya di ait maupun darat
- Merupakan hewan triploblastik selomata.
- Struktur tubuhnya simetri bilateral.
- Tubuh terdiri dari kaki, massa viseral, dan mantel.
- Memiliki sistem syaraf berupa cincin syaraf
- Organ ekskresi berupa nefridia
- Memiliki radula (lidah bergigi)
- Hidup secara heterotrof
- Reproduksi secara seksual
Klasifikasi Mollusca
Mollusca dibagi menjadi 5 kelas, yaitu:
A. Kelas Gastropoda
B. Kelas Chepalopoda
C. Kelas Bivalvia atau Pelecypoda
D. Kelas Amphineura
|
Daftar Pustaka
http://id.wikipedia.org/wiki/Moluska
http://www.sentra-edukasi.com/2010/04/mollusca.html
http://aditya-pandhu.blogspot.com/2010/05/phylum-mollusca.html#mollusca
http://125.163.204.22/bahanajar/e_books/modul_online/biologi/MO_78/bio111_40.hm
http://125.163.204.22/bahanajar/e_books/modul_online/biologi/MO_78/bio111_34.htm
http://125.163.204.22/bahanajar/e_books/modul_online/biologi/MO_78/bio111_36.htm
http://125.163.204.22/bahanajar/e_books/modul_online/biologi/MO_78/bio111_37.htm
http://125.163.204.22/bahanajar/e_books/modul_online/biologi/MO_78/bio111_38.htm
http://id.shvoong.com/society-and-news/news-items/2008549-peranan-mollusca-bagi-kehidupan-manusia/
Buku Biologi, Hartini Etik Widayati, Intan Pariwara
21
|
PUSAT SARANA BIOTEKNOLOGI AGRO
BalasHapusmenyediakan AEROTUBE untuk keperluan penelitian, laboratorium, mandiri, perusahaan .. hub 081805185805 / 0341-343111 atau kunjungi kami di https://www.tokopedia.com/indobiotech temukan juga berbagai kebutuhan anda lainnya seputar bioteknologi agro