Senin, 08 Juni 2015

Prestasi Kesultanan Saljuk




1.       Kesultanan Saljuk memiliki peran besar dalam memanjangkan eksistensi Khilafah Abbasiyah selama sekitar dua abad. Dimana sebelum kedatangan mereka, Khilafah Abbasiyah hampir saja runtuh akibat perilaku jahat orang-orang Buwaihi, penganut ajaran Syiah Rafidhah.
2.       Kesultanan Saljuk telah mampu mencegah rencana penyatuan wilayah Timur Arab oleh pemerintahan Fathimiyah/Ubaidiyah di Mesir, agar wilayah itu berada di bawah satu payung pemerintahan Fathimiyah yang Syiah.
3.       Usaha keras Kesultanan Saljuk merupakan bibit yang ditanam untuk mampu menyatukan wilayah Islam yang kemudian terealisasi pada masa pemerintahan Shalahudin Al-Ayyubi, yang tunduk kepada pemerintahan Bani Abbasiyah yang Sunni.
4.       Kesultanan Saljuk telah ikut membangkitkan gairah ilmiah di wilayah-wilayah yang menjadi kekuasaannya. Mereka juga mampu menebarkan rasa aman di wilayah itu.
5.       Mereka mampu menghadang gerakan Salibisme yang dipimpin imperium Byzantium, sebagaimana mereka juga berusaha menghadang gelombang serbuan Mongolia.
6.       Mereka mampu mengangkat tinggi-tinggi panji Madzhab Ahlus Sunnah di wilayah-wilayah kekuasaannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar