Kamis, 07 Mei 2015

Sebab-sebab puasa disandarkan kepada Allah



                Sebab puasa disandarkan kepada Allah ialah karena puasa itu berarti meninggalkan segala keinginan diri dan segala kerinduan hati yang memang telah menjadi tabiat pada diri manusia. Meninggalkan keinginan2 diri, tiada terdapat pada ibadah-ibadah yang lainnya. Semisal :
Dalam ibadah ihram, yang disitu tidak dibolehkan menyetubuhi isteri saja, tetapi makan dan minum masih dibolehkan.
Kemudian dalam ibadah shalat, hanya sebentar saja kita menahan diri, karena itu tiada kesukarannya apa2.
Tetapi dalam puasa, terasa benar kepedihan dan kesulitan menahan makan, minum dan menahan diri dari mendekati istri.
Apabila seorang berpuasa di bawah tekanan udara yang amat panasnya, perut bergoncang, keroncongan menjerit-jerit minta di kasihani dan orang yang berpuasa itu tinggal di tempat yang sunyi , nyatalah bahwa ia benar-benar menahan nafsu lantaran Tuhannya Dan lantaran menunaikan perintah Allah SWT
                Puasa itu suatu rahasia di antara hamba dengan khaliqnya yang tidak sekali-kali di ketahui selain oleh Allah sendiri. Puasa itu tersusun dari niat yang tersembunyi yang hanya Allah sendiri yang mengetahui niat itu dan tersusun meninggalkan segala keinginan yang boleh di capainya ketika tidak melakukan puasa.
                Puasa itu mendekatkan diri kepada Allah dengan meninggalkan syahwat, makan minum dan bersetubuh, pada hal itu syahwat adalah hal yang paling sukar di tahan oleh anak adam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar